Z

Memaknai Kemerdekaan


Dalam pembukaan UUD 45 tertera bahwa kemerdekaan yang bangsa Indonesia peroleh adalah “dengan berkat Rahmat Allah”, ini bermakna bahwa Kemerdekaan bangsa ini dari belenggu penjajahan adalah merupakan karunia yang Agung dari Allah Swt yang wajib kita syukuri dengan sungguh – sungguh. Dengan berkah kemerdekaan kita menjadi bangsa berdaulat dan bermartabat.

Allah Swt tidak serta merta begitu saja memberi kita kemerdekaan, tetapi melalui perjuangan panjang dengan pengorbanan yang sangat besar, tidak hanya berkorban harta benda, bahkan jiwa raga pun tiada terhingga telah terkorbankan demi meraih kemerdekaan. Hingga pada puncak perjuangan bangsa Indonesia, semua rakyat bersepakat dan berketetapan hati dalam perjanjjian agung untuk bersatu padu bersama – sama dalam semangat jiwa senasib sepenanggungan untuk melawan penjajah, hingga karunia kemerdekaan itu datang.

Salah kunci terbesar dari kemedekaan bangsa Indonesia adalah persatuan, ini berarti bahwa dengan persatuanlah menjadi sebab turunnya rahmat Allah Swt, dengan bersatu kita teguh, dengan bercerai kita runtuh.

Tantangan terbesar bangsa ini dimasa sekarang dalam menjaga kemerdekaannya adalah dengan menjaga agar tetap bersatu, rukun dalam perdamaian, damai dalam kerukunan. Upaya – upaya musuh bangsa dalam memecah belah sesama anak bangsa belum dan tidak pernah berhenti, mereka para musuh masih terus ingin menguasai dan menjajah Indonesia kembali, oleh sebab itu tetap selalu menjaga kesatuan dan persatuan. Inilah makna syukur terhadap kemerdekaan

Makna syukur yang selanjutnya adalah dengan senantiasa membanggun demi kemajuan bangsa ini, hingga menjadi bangsa yang unggul dan bermartabat dimata dunia, pembangunan spiritual moral dan karakter anak bangsa hingga berbudi luhur, pembangunan raga fisik hingga menjadi generasi – generasi unggul dalam persaingan hingga bermanfaat dan berguna bagi seluruh umat manusia. Semoga Allah Swt senantiasa menjaga kemerdekaan bangsa ini hingga bebas menetukan nasibnya sendiri menuju generasi Robbi Rodliyyah atau generasi yang senantiasa mendapat ridla dari Allah Swt dengan semangat persatuan dan kesatuan.

Ada sya’ir lagu lama dari Nasida Ria tentang kemerdekaan yang indah untuk kita dendangkan kembali di hari kemerdekaan kali ini

Dengan berkah rahmatNya Indonesia merdeka
bebas dari penjajahan dan penindasan

Kita sukuri rahmat Illahi
dengan bersatu membangun RI

Merdeka berarti harus membangun
bukan untuk pribadi atau golongan
makmur untuk semua adil untuk semua
hukum pun berlaku untuk semua

Merdeka bukanlah bebas tanpa hukum
merdeka bukanlah menang berkuasa
merdeka berarti bersatu membangun

Allah mencintai umat yang membangun
Allah membenci umat yang membuat rusak

 

Selamat HUT RI yang ke 72, Merdeka..!

 

Jogjakarta, 1 Agustus 2017

Copyright by SoganBatik.com 2016. All right reserved.. Developed by masfen.id | endif.tc